Sejarah

Latar belakang

didirikannnya Yayasan Pendidikan & Pengembangan Sumber Daya Insani (YP2SDI) Al Fityah bersadarakan Akte Notaris Syawal Sutan diatas SK No. 31 tahun 1993, sehingga dengan adanya perintisan tersebut terbuktilah  Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Fityah berdiri pada tanggal 21 Juni 1993, atau 1 Muharram 1414 H

Yayasan ini dinamakan dengan AL FITYAH (untuk selanjutnya disebut Al Fityah) yang diambil dari Quran Surah Al Kahfi ayat 13; Sungguh mereka adalah pemuda-pemuda (Fityatun) yang beriman kepada Rabb mereka dan kami tambahkan kepada mereka hidayah.


Dengan semangat dan idealisme yang segar bak kembang sedang mekar obsesi AL FITYAH ini tergambar pada satu kalimat yang merupakan the dreams should be achieved kalimat itu berbunyi: BE THE CENTER OF EXCELLENCES di Indonesia. Obsesi menghadirkan Islam sebagai rahmatan lil alamin melalui fungsi-fungsi kelembagaan seperti fungsi membangun peradaban, fungsi mengembangkan kapasitas dan meningkatkan kompetensi, fungsi meningkatkan kesejahteraan umum, fungsi membangun infrastruktur, fungsi menguatkan kolaborasi antar simpul simpul masyarakat, fungsi melahirkan talen, fungsi membangun kehidupan sosial kemasyarakatan, fungsi membangun pusat solusi problematika sosial kemasyarakatan, dan fungsi membangun soliditas masyarakat.


Dalam menjalankan fungsi-fungsinya diatas, AL FITYAH memulainya dengan kegiatan kependidikan sekaligus menjadikan kegiatan tersebut sebagai core activity-nya. Berawal dari kegiatan training capacity building dalam rangka membangun SDM unggul di instansi-instansi Pemerintah dan Swasta pada tahun 1993 kemudian dilanjutkan dengan mendirikan lembaga pendidikan pra sekolah pada tahun yang sama. TK Permata, kemudian pada tahun 2001 dilanjutkan dengan mendirikan SDIT merupakan Sekolah Dasar Islam Terpadu Pertama di Riau

Pada tahun  2007 di dirikan unit Pendidikan Tingkat SMPIT dan Kids Center (PAUD & RA), dan pada tahun 2012 di lanjutkan  pendirian Tingkat SMAIT, serta untuk optimalisasi fungsi-fungsi diatas pada tahun 2018 didirikan secara berturut-turut Rumah Al Qur’an, Pramuka SIT, Lembaga Penjaminan Mutu kemudian pada tahun 2020 saat pandemi covid-19 didirikan Lembaga Wakaf Al Fityah.