Dimensi Keunggulan

Dimensi Keungggulan SIT ALFITYAH


Ada lima corak unit Pendidikan AL FITYAH, yaitu:

 

1.    Berbasis Akhlaq Islam (Islamic Character School)

AL FITYAH memiliki concern dalam pembentukan akhlaq Islam pada diri murid-murid dengan menjadikan Guru dan Tenaga Kependidikan sebagai teladan. Wali Kelas (Guru Kelas) adalah sebagai Guru Pertama (Pembimbing Akademik) di lokal dan sebagai Orang tua Kedua di lokal, artinya Wali Kelas/Guru Kelas/Pembimbing Akademik memiliki kewajiban membantu murid memenuhi capaian akademik formalnya sekaligus membersamainya dalam mencapai kebutuhan interaksi sosial dan tumbuh kembang medis sehingga setiap murid siap untuk memasuki tahapan selanjutnya dalam kehidupan mereka. Hal ini juga tampak pada tata kelola lokal (classroom management) dan tata kelola sekolah (school management) dimana lokal dikelola sebagai Kelas Pertama di sekolah dan Rumah Kedua di Sekolah. Sesuai dengan keunikan masing-masing lokal maka tampak variasi dan keberagaman setiap lokal yang pada akhirnya muncul karakter setiap lokal sebagai representasi dari karakter anggota lokalnya sehingga dengan demikian karakter sekolah juga menjadi terasa, murid-murid sehat dan bahagia sedangkan iman dan akhlaq tetap melekat dalam hidupnya.

 

2.    Sekolah Yang Membahagiakan (Fun School)

Pembelajaran berbasis ADLX TERPADU sangat mengasyikan; setiap murid termotivasi untuk menemukan sendiri hal-hal yang membuat mereka penasaran. Murid dapat menemukan dalam eksplorasi di lingkungan sekitar apa saja yang bisa menguatkan kognisinya untuk kemudian dibuktikan dalam sesi presentasi guna mengonfirmasi ketepatan hipotesanya lalu selanjutnya diimplementasikan pada sebuah produk hasil dari pembelajaran (project based learning).

Minat dan Bakat murid-murid juga tersalurkan secara optimal melalui sarana prasarana olahraga, seni, teknologi kreatif, rekayasa sosial, ketrampilan berorasi dan sebagainya dengan dibimbing oleh talen profesional. Sekolah betul-betul tempat yang membahagiakan untuk semuanya.

 

3.    Melayani Sepanjang Hari (Fullday Service)

Pendidikan itu tidak dibatasi oleh dinding sekolah ataupun jam belajar efektif. Karena pendidikan itu setiap saat dan  epanjang hayat, apa yang dilihat, apa yang didengar dan apa yang dirasakan adalah pendidikan. Sudut pandang ini membentuk suatu keterikatan edukatif antara Sekolah, Rumah dan Lingkungan. Berbagai program dan kegiatan diberikan kepada murid dan orang tua guna memberikan pelayanan kependidikan yang optimal. Libur dipahami sebagai berpindahnya seorang murid ke program/kegiatan lainnya. Dari program/kegiatan di sekolah ke tempat lainnya, namun pelayanan kependidikan selalu diberikan secara optimal dan maksimal.

 

4.    Sistem Pembelajaran Digital Terpadu (Integrated Digital Learning System)

Era Digital mempermudah dalam beberapa aspek pendidikan dan pembinaan murid untuk mencapai hasil yang optimal. Proses transformasi nilai dan budaya akan terasa lebih mudah dan efektif, komunikasi dan interaksi rumah dan sekolah bisa semakin solid. Semuanya terintegrasi dalam sistem pembelajaran dan pendidikan murid-murid.

 

5.    Lingkungan Kondusif (Condusive Millieu)

Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan & Santun) menghiasi interaksi sosial Guru-Guru, Guru-Murid, Murid-Murid, Guru-Walimurid dan Guru-Masyarakat. Thinking how to give menjadi spirit yang memotivasi semua pihak untuk bisa memberikan manfaat yang terbaik bagi orang lain. Your Success is Our Happiness motto yang menggugah jiwa untuk bisa mencapai kebajikan yang sempurna. Semua itu diiringi oleh kekhusyu’an dalam tilawah dan muraja’ah Al Qur’an serta dzikir pagi dan sore. Dalam keriuhan murid-murid mentartilkan Al Qur’an terasa keikhlasan Guru-Guru yang membimbing, ghirah belajar yang tinggi berjumpa dengan ketulusan jiwa yang membimbing menghadirkan suasana yang membahagiakan.