8 Program Utama

8 Program Utama dalam mewujudkan fungsi-fungsi AL FITYAH


1.       Pengembangan Kepemimpinan & Karakter Bangsa

Murid dibiasakan mendapat tugas-tugas kelompok, mereka diarahkan dan dibimbing untuk aktif di dalam gerakan pramuka, organisasi intra sekolah, komunitas pelajar (Pelajar Cinta Masjid, Pelajar Peduli Lingkungan, dsb), kegiatan ekstrakurikuler, kepanitiaan pada event-event (Gebyar Prestasi Pelajar, Puncak Kreatifitas, dsb) dan lain sebagainya.

 

2.       Pengembangan Keterampilan Sosial

Tujuannya agar tumbuh sikap peduli terhadap lingkungan sosial terutama kaum dhuafa. Sikap peduli ini menjadi salah satu karakter penting bagi calon Pemimpin Bangsa. Pembinaan dilakukan dengan cara memperbanyak pengalaman-pengalaman melalui kegiatan sosial seperti pengabdian berbasis masjid di masyarakat sekitar, pengabdian di instansi pemerintah dan swasta, pengabdian di masyarakat pelosok dan seterusnya.

 

3.       Pengembangan Kewirausahaan (Enterpreneurship)

Murid dibekali ketrampilan usaha mandiri mulai dari yang sederhana bernilai pakai hingga yang sederhana bernilai jadi dan layak dijual di pasar. Ketrampilan usaha mandiri ini meliputi menganalisa kebutuhan dan potensi masyarakat, merencanakan produksi, memproduksi dan memasarkannya. Contoh-contoh kegiatannya seperti menabung, menyusun rencana anggaran pendapat dan belanja diri, market day, mengenali bursa saham dan sebagainya

 

4.       Pengembangan Pola Perilaku Hidup Sehat secara Islami

Membiasakan murid berperilaku sehat secara Islami seperti berdoa sebelum dan sesudah makan/minun, mandi setiap hari minimal 2 kali, menjaga wudhu, berpakaian bersih dan rapi, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, menerapkan pola makan yang benar, sehat, dan baik dan seterusnya.

 

5.       Pengembangan Pola Hidup Gemar Ibadah dan Bangga Berislam

Arahnya adalah terbentuknya karakter dan kepribadian Islami melalui program Bina Pribadi Islam (BPI) yang dicerminkan dalam pola pikir, pola sikap dan pola perilaku sehari-hari. Pembinaan aqidah mengarah pada upaya menumbuhkan keyakinan dan keimanan yang kuat kepada Allah SWT yakni Pencipta, Pemilik, Penguasa dan Pemelihara alam raya. Pembinaan akhlaq mengarah pada upaya pembentukan perilaku santun, bersih, amanah, peduli, tawadhu dan bertanggung jawab. Pembinaan ibadah mengarah pada pembiasaan melaksanakan ibadah mahdhah yang wajib dan yang sunnah; shalat lima waktu, puasa, tilawah al Qur’an, doa, dzikir, shalat rawatib, shalat dhuha, shalat tahajjud, puasa senin-kamis, puasa ayyamul bidh dan seterusnya. Ini juga dikuatkan dengan program literasi kisah-kisah Nabi SAW dan para shahabat ra., pelatihan Imam dan Khatib, peningkatan kemampuan dan pembiasaan berbahasa Arab, kajian kitab-kitab turats dan seterusnya.

 

6.       Pengembangan Minat & Bakat

Arahnya adalah Minat & Bakat murid berkembang dan berprestasi dengan ragam kegiatan yang disediakan seperti gelar seni dan budaya Islam, komunitas hobi, olahraga prestasi, kelompok jurnalistik, gelar karya (teknologi inovatif dan rekayasa sosial), komunitas sejarah, budaya dan teknologi.

 

7.       Pengembangan Ketrampilan Penalaran dan Penelitian

Tujuannya pengembangan ketrampilan berpikir dengan menggunakan model dan cara berpikir analitis, sistematis, kreatif dan kritis sehingga murid memiliki kemampuan dalam menemukan solusi terhadap berbagai macam masalah. Ketrampilan berpikir ini akan mendorong murid melakukan penelitian ilmiah seperti kajian, eksperimen, riset, inovatif dan inventif. Murid bisa merumuskan masalah, menemukan, mengamati, mengumpulkan, mengklasifikasi, membandingkan dan mengolah data menjadi suatu informasi pengetahuan, menguji hipotesis dan mengambil kesimpulan.

 

8.       Penguasaan Informatika

Murid dapat menguasai informatika dengan ragam kegiatan seperti kelompok pecinta teknologi, klub informatika, komunitas coding dan lain sebagainya.